Buy Backlinks

Thursday, November 17, 2011

Cara mengganti template pada blogspot

Cara mengganti template pada blogspot
Panduan ini saya buat setelah mencari Cara mengganti template pada blogspot secara lengkap namun tidak menemukannya di google search dengan bermacam keyword yang saya tulis namun tetap tidak menemukan yang saya inginkan, dan akhirnya saya mencoba berpikir sendiri dan akhirnya bisa juga Cara mengganti template pada blogspot ini dan sekarang saya ingin berbagi dengan teman-teman yang masih belum memahami Cara mengganti template pada blogspot supaya tidak mendapat kesulitan.


Di bawah ini saya tuliskan beberapa poin persiapan Cara mengganti template pada blogspot :
1. Copy dan Paste
Melakukan  copy paste widget yang ada di ‘Rancangan atau Lay Out’ blog anda, ini sangat penting untuk Back Up sebagian widget buatan anda sendiri seperti widget iklan dan lain-lain, silahkan copy paste widget anda di Notepad.
Caranya : Silahkan login ke Blogger DasborRancangan/LayoutCopypaste WidgetSelesai Keluar/Log Out kenapa harus Log Out dahulu pada langkah kedua ini akan memakan waktu dalam persiapan mengganti template pada blogspot. dibawah ini adalah contoh widget yang sudah dipaste di notepad :

2. Browser Template
Melakukan pencarian template yang pas atau cocok dengan blog anda, perhatikan feature template yang anda pilih yang mempunyai feature Simple, SEO friendly, Loading cepat dan bisa di akses melalui Hand Phone ( Pengguna hand phone adalah pengunjung potensial yang banyak menemukan blog kita ), saya rekomendasikan berbagai macam template gratis yang cocok untuk Blogger untuk anda download. Silahkan kunjungi : http://www.zoomtemplate.com/

3. Download Template
Melakukan download template klik ‘Download’ biasanya terlihat di bawah template yang kita pilih kemudian akan tampil tab baru pilih simpan berkas dilanjutkan klik ‘Simpan berkas’ secara otomatis akan tersimpan pada folder ‘Unduhan/Download’ bagi yang belum paham pasti akan sedikit kesulitan mau diapakan file template hasil download ini?  Type file template hasil download ini adalah Compressed ( zipped ) folder file yang masih mentah yang harus anda uraikan.
Cara menguraikan folder Zipped : Arahkan crusor pada folder Zipped kemudian klik kanan dilanjutkan klik ‘Extract All…’. Lihat pada screen shoot menguraikan file zipped dibawah ini :


4. Buka Folder
Kemudian file zipped ini setelah anda extract ini akan menjadi  file type ‘Folder’ silahkan anda buka klik kanan►Open dan dalam folder tersebut ada beberapa file.
Perhatikan file template yang sudah saya tandai panah berwarna merah dan siap di upload diblog anda. Setelah anda mengetahui file tersebut silahkan tutup dan selesai untuk persiapan poin 3 dan 4 Cara mengganti template pada blogspot ini. Lihat pada screen shoot type Folder dan isinya dibawah ini :

5. Login ke Blogger  
Silahkan log in dengan akun anda : DasborRancangan/LayoutEdit HTML
Perhatikan di kalimat pertama ‘Back Up/Restore Template’ sebelum meng-edit template anda, mungkin anda ingin menyimpan sebuah salinan dari template tersebut silahkan klik ‘Download Template Lengkap’ ini berguna jika proses perubahan template nanti mengalami kesalahan teknik. Lihat pada screen shoot halaman edit html  dibawah ini :


Upload sebuah template dari sebuah file pada hard drive yang sudah anda siapkan tadi  klik ‘Telusur/Browser’ sebelum anda unggah file lihat menu ‘Edit Template’ edit konten dari template anda, tandai dengan centang disamping ‘Expand Template Widget’ artinya konten template anda siap diganti ( Tunggu Loading selesai ) kemudian klik ‘Unggah/Upload’ tunggu Loading beberapa detik proses perubahan template.

6. Proses Edit
Setelah proses perubahan selesai biasanya template baru tidak di lengkapi beberapa widget sebelumnya dan pertanyaan akan muncul seperti ini ‘Peringatan : Template baru anda tidak berisi widget berikut :’ ini menjadi keputusan anda apakah mau anda hapus atau mempertahankan widget, yang saya alami adalah widget-widget ini adalah buatan kita sendiri ( Catatan : Karena pada langkah poin no.1 anda sudah menyalin semua widget ) anda klik saja ‘Hapus Widget’ untuk kelancaran proses perubahan template dan nanti anda bisa menyusun ulang kembali widget – widget tesebut. Lihat pada screen shoot Peringatan dibawah ini :


7. Proses Edit
Kemudian menunggu kembali Loading perubahan Template beberapa detik dan jika berhasil akan muncul kalimat ‘Perubahan Template Berhasil. Untuk melihat hasilnya klik ‘Lihat Blog’. Silahkan susun ulang tata letak widget-widget anda. Selesai dan selamat mencoba.
Peringatan ! Jika terjadi kesalahan perubahan template jangan panik silahkan klik ‘Bersihkan Edit’ kemudian klik ‘Ok’ template akan kembali ke semula.

Dengan tips dan triks Cara mengganti template pada blogspot ini mudah-mudahan bisa membantu anda dan tentunya bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More