Saturday, June 23, 2012

Cara memperbaiki kipas angin atau exhaust fan yang lemah atau lambat putaran motornya

Cara memperbaiki kipas angin atau exhaust fan yang lemah atau lambat putaran motornya

Ini adalah sebuah tips dan triks bagi teman - teman yang tidak mempunyai bekal ilmu kelistrikan atau elektronik menemui masalah kipas angin atau exhaust fan di rumah anda putaran motornya sangat lambat atau melemah, dua minggu yang lalu saya menemukan masalah seperti ini setelah tanya beberapa teman apa saja fungsi komponen pada exhaust fan dan kipas angin yang berhubungan dengan putaran akhirnya berhasil juga.

Tanpa berbekal kelistrikan yang cukup saya coba mengganti salah satu komponen yang terdapat pada exhaust fan tersebut dan tanpa diduga ternyata tips dan triks ini memuaskan dan berhasil, ini tidak terlepas dari bantuan teman - teman.

Sungguh senang rasanya exaust fan saya yang selama ini berputar sangat lambat bisa sekencang pada saat pertama saya membelinya.

Salah satu komponen yang saya ganti tersebut adalah sebuah Capasitor yang fungsinya sebagai penyimpan muatan listrik, jika sudah rusak atau lemah tentunya tidak akan berfungsi dengan baik sehingga muatan listrik yang di supply akan berkurang tentunya.

Bagaiman cara mengganti capasitor kipas angin atau exhaust fan tersebut :
1. Lepas tutup kipas angin atau  exhaust fan sehingga Capasitornya bisa terlihat contoh seperti pada gambar di bawah ini :



2. Capasitor pada exhaust fan terletak di samping saklar berbentuk persegi panjang warna hitam dengan dua kaki. Lihat contoh pada gambar di bawah ini :




3. Capasitor pada kipas angin terletak di belakang motor dan terlihat sama bentuknya seperti pada exhaust. Lihat pada gambar dibawah ini :



4. Cara melepasnya sangat mudah lepaskan kedua isolator ( biasanya pakai isolator ulir ) dengan memutar ke sebelah kiri dan jangan lupa diingat terlebih dahulu pemasangannya agar tidak salah pasang saat mengganti dengan yang baru.



5. Belilah capasitor yang baru yang sesuai dengan type yang dipakai di toko-toko alat elektronik terdekat dan harganya cukup murah. Lihat contoh gambar Capasitor yang saya ganti pada exhaust fan :



Dengan tips dan triks cara memperbaiki kipas angin atau exhaust yang lemah atau lambat putaran motornya ini semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.  



24 comments:

Makasih gan, akhirnya kipas angin saya kembali berputar...

exhost fan ku juga OK lagi. Thanks.

Thx bgt gan, berkat ente kipas ane kenceng lg. Mantab nnti mlm ga kepanasan lg dah..hehe.
Bwt agan2 yg putaran kipasny pelan lngsng ganti kapasitorny gan.

kl udh diganti kapasitornya tp tetap macet kipasnya kira kira apa masalahnya gan? trims sebelumnya

Makasih gan.ilmunya bermanfaat sekali :D

@Sobat Ahmad Muhsin - Maaf jika belum berhasil, karena ini hanya sebuah pengalaman pribadi saja yang saya share, untuk kemungkinan lainnya silahkan sobat ke ahlinya ( bengkel kipas ). thanks

Kalau masih macet, coba di dalam gulungan ada thermo fuse (fuse sekering), Yang biasanya putus kalau kepanasan. Bentuknya seperti resistor-dibalut isolator (biasanya pada ujung kabel biru dalam gulungan)

mksih dah berbagi ilmux...sukses bt pemilik blog ini.

kapasitor exhaust gan saaya 1,2 mikro nah sama penjualnya dikasih yang 2 mikro saya coba pasang tapi tidak mau jg apa nggak cocok ya?

Saya akan coba tips nya gan berhubung exhoust drmh saya klo mau berputar pelaaaaaannn dan akhirnya berputar tp gk sekencang dulu..nnti saya coba ganto capasitornya.tq ya infonya.

Mkasih gan udh berbagi ilmunya... Sangat bermanfaat :)

abis di ganti kapasitor nya kok cm bertahan 3 bulan aja ya...kira2 apalg yg perlu di perbaiki ya

Info yg bermanfaat tentunya thanx

This comment has been removed by the author.

capasitornya brapa'an gan harganya..?

thanks gan infonya, sudah saya ganti capasitornya sesuai petunjuk agan hanya saja exhaust fan saya tetap saja lambat...kira2 knapa ya gan? barangkali ada ide lainnya...mohon petunjuknya...

Gan..saya mao tanya ni.
Di rmh saya,punya 1 hexos,tiap x saya nyalah kn hexos pakai tali,tggl di tarik,tapi sekrang di tarik gk bisa nyalah,karena fungsi talinya gk bgus,trus saya rencana kn,gk usa pkai tarik tali aj,ingin lgsg smbung ke colokan biasa gtu,tpi g binggung cara smbung nya,di hexos ada 3 warna kabel,sedangkan colokan biasa pkai 2 warna kbel.jdi gimna cara smbung kn nya gtu,n jga di hexos ada sebuah berbntuk segi 4 gtu warna hitam,apa kh klu gk pki itu bisa fungsi gk?

Kl di jelasin agak bingung mungkin nanti sob, sebaiknya di bawa ke tukang service bilang saja tolong di bypass gitu sob.

Yg kotak hitam itu namnya kapasitor kl dilepas ya ga muter sob. Sesuai saran sy bw ke tukang service kl agan bingung nyambungnya.

Gan...hexos punya warna kbel,hitam,kuning,merah.
Trus colokan bisa kbel biru n coklat.
Jadi klu smbungin ambil warna apa gtu,trus warna kuning gbung warna apa gtu

Gan...hexos punya warna kbel,hitam,kuning,merah.
Trus colokan bisa kbel biru n coklat.
Jadi klu smbungin ambil warna apa gtu,trus warna kuning gbung warna apa gtu

blower kamar saya saya pasangin dimmer supaya putarannya slow,tapi kenapa malah pada putaran slow jadi mendengung ya suaranya..padahal pas baru dihidupkan tidak mendengung???

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More